Saturday, March 10, 2012

This is Citizen Kane









Citizen Kane, Hanya karena Rosebud



RKO Radio Pictures Inc.

Jenis                : Drama
Sutradara        : Orson Welles
Pemain            : Orson Welles, Joseph Cotton, Dorothy Comingore, Agnes Moorehead
Penulis             : Herman J. Mankiewicz dan Orson Welles
Sinematografi : Gregg Toland
Musik              : Bernard Herrmann
Durasi              : 119 menit


Citizen Kane, film Hollywood yang diproduksi pada tahun 1941 garapan sutradara Orson Welles. Film ini adalah film pertamanya dengan debut durasi yang panjang yaitu 119 menit lamanya. Film ini pernah meraih tujuh nominasi Oscar dan menang untuk naskah terbaik. Wow, sungguh mengesankan sekali. Jadi tidak heran jika banyak para sutradara yang memuji film tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa film ini adalah film simbol sinema Amerika atau Hollywood. Selain itu film ini adalah film terbaik dan terhebat yang pernah dibuat sehingga saya pikir tidak ada yang tidak tahu film ini khususnya bagi para pecinta film.
Hal yang menarik dalam film ini adalah “Rosebud”, kata terakhir yang diucapkan oleh Charles Foster Kane sesaat sebelum ia meninggal dunia. Lantas, apakah Rosebud itu sendiri? Nah, justru itulah yang dicari-cari di film ini. Film yang berjudul Citizen Kane ini benar-benar berhasil menggugah rasa tanya yang besar, termasuk saya sendiri. Sosok atau sesuatu yang bernama Rosebud ini sangatlah misterius keberadaannya. Saya berpikir bahwa Rosebud adalah nama seorang wanita. Tidak ada yang tahu apa itu Rosebud. Saya menduga Rosebud adalah sebuah nama untuk mainannya semasa kecil.
Namun saat film ini diputar, saya sempat mengira bahwa cerita Citizen Kane tidak jauh dari kisah politik, kisah korupsi seorang pejabat tetapi ternyata tidaklah demikian. Citizen Kane lebih menonjolkan pada ambisi Kane pada orang-orang agar mencintainya. Sosok Kane yang kaya raya, usaha bisnis korannya yang sukses membuatnya menjadi sosok yang cukup berpengaruh di Amerika. Mungkin orang lain yang melihat sosok Kane akan merasa iri karena kekayaannya yang berlimpah dan hidupnya bahagia namun hal itu mungkin tidak akan berlaku bagi orang yang telah lama mengenalnya. Tidak sedikit orang yang mengenalnyapun membencinya.
Mungkin sudah menjadi “takdir” bagi orang-orang seperti Kane tersandung masalah dengan seorang wanita. Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia seperti pejabat yang terkena skandal dengan seorang wanita. Pas sekali dengan apa yang ada di film Citizen Kane. Dalam film ini konflik yang terjadi sangat beragam. Menurut saya emosi dan konflik sudah muncul yang diiringi dengan jalan cerita yang dibuat secara flash back sehingga penonton bisa tahu secara jelas runtutan peristiwa yang terjadi.
Beberapa catatan yang saya berikan untuk film ini adalah konsep cerita flash back menjadi cukup dominan dalam film ini. Jalan ceritanya cukup jelas dan tidak membingungkan. Emosi antar pemain sangat terlihat jelas. Hal yang sangat memukau dalam film ini adalah secara tampilan visual film ini sangat baik dan dinamis. Estetika dari film tersebut nampak dari penempatan dan pergerakan kameranya yang mampu menghasilkan gambar atau foto-foto yang bagus. Malahan asyik melihat gambar daripada memperhatikan teks dialognya. Selain itu saya cukup terpukau melihat para pemain film tersebut dari segi make up. Terlihat jelas transisi disaat mereka masih muda sampai telah menjadi tua. Namun ada catatan yang bagi saya menjadi faktor yang bisa mengurangi keindahan film tersebut yaitu sound. Terkadang sound atau music dalam film terdengar sangat keras kadang terdengar melemah sehingga kurang enak untuk didengar.
Secara keseluruhan Citizen Kane mampu membuat saya cukup kagum pada film tahun 40an. Overall, it’s excellent :)
           
            

No comments:

Post a Comment